Senin, 01 Oktober 2012

Jenis dan Fungsi Machine guard

Dalam penerapannya sudah banyak yang mengetahui pentingnya machine guard dalam K3 sehingga beberapa alat sudah ada yang menggunakan machine guard dalam industry. Selain untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan juga untuk mengurangi biaya perbaikan pada machine tersebut. Sehingga lebih efisien dalam penekanan pengeluran biaya produksi suatu perusahaan. Berikut jenis - jenis machine guard :  
  1. Fixed Guard
    1. Adjustable Guard
  2. Self-Adjustable Guard
  3. Pullback Device
    1. Restraint Device
    2. Safety Tripwire Cables
  4. Two-Hand Control
    1. Gate
    2. Safeguarding by Location/Distance
  5. Robots
Uraian tentang penjelasan dan fungsi dari machine guard:  
  1. Fixed Guard
  Fixed guard merupakan suatu bagian penghalang permanen dari mesin. Alat pegaman ini berfungsi untuk mengatur jarak antara pekerja dengan mesin. Biasanya terdapat pada mesin - mesin besar, contohnya pada mesin penggilingan padi, mesin penggiling gandum, dll.  
  1. Adjustable Guard
  Adjustable guard merupakan suatu machine guard yang menempel pada meja suatu mesin. Berfungsi untuk melindungi pekerja saat mengoperasikan mesin tersebut.   Contoh pengaplikasian alat ini pada mesin gerindra, bor listrik dll  
  1. Self-Adjustable Guard
  Self-Adjustable Guard merupakan suatu machine guard yang menempel langsung pada suatu mesin. Berfungsi untuk melindungi pekerja saat mengoperasikan mesin tersebut.   Contoh pengaplikasian ini terdapat pada gergaji listrik.  
  1. Pullback Device
  Pullback Device merupakan seperangkat mesin yang menggunakan serangkaian kabel yang terpasang ke tangan operator, pergelangan tangan, dan / atau lengan. Berfungsi membatasi gerak pekerja agar tidak kebablasan saat bekerja dengan mesin.   Contoh pengaplikasian alat ini terdapat pada mesin pemotong plat.  
  1. Restraint Device
  Restraint Device merupakan seperangkat mesin yang menggunakan kabel atau tali yang terpasang ke tangan operator. Berfungsi membatasi gerak pekerja agar tidak kebablasan saat bekerja dengan mesin.Contoh pengaplikasian alat ini terdapat mesin pembengkok plat.  
  1. Safety Tripware Cables
  Safety Tripware Cables merupakan perangkat yang terletak di sekeliling atau dekat daerah bahaya. Operator harus mampu mencapai kabel untuk menghentikan mesin.  
  1. Two-Hand Control
  Two-Hand Control merupakan suatu alat yang membutuhkan tekanan bersamaan untuk mengaktifkan mesin. Tangan operator diminta untuk berada di lokasi yang aman (pada tombol kontrol) dan pada jarak yang aman dari daerah bahaya.  
  1. Gate
  Gate atau gerbang merupakan suatu sensor pada pintu suatu mesin. Gate disini berfungsi melindungi mesin dengan menggunakan gerbang untuk menutupi bagian yang berbahaya .  
  1. Safeguarding by Location/Distance
  Safeguarding by Location / Distance merupakan tombol pengontrol pada mesin yang berjarak beberapa meter dari mesin. Safeguarding by distance menjaga jarak yang aman dari daerah bahaya, tombol kontrol berada agak jauh dari mesin.   Contohnya dapat kita lihat pada alat mesin penutup botol, mesin pembungkus mie, dll. Terdapat pada mesin-mesin yang dikontrol pada jarak jauh.  
  1. Robots
  Robot merupakan seperangkat mesin yang dirancang untuk memudahkan pekarjaan manusia. Robot ini digunakan untuk pekerjanaan yang dilakukan secara berulang dan mencegah bahaya lain kepada karyawan.Contoh pengaplikasian robot ini terdapat pada mesin trass.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar